Line Info :
05-02-2014 06:06:31 | Umum : Pelatihan website www.bpbd.tegalkab.go.id __ 05-02-2014 05:42:36 | Umum : rotasi staf bpbd __ 05-02-2014 05:33:16 | Umum : Wakil Bupati Tinjau Cadangan Beras Pemerintah __ 05-02-2014 05:26:25 | Umum : DIHIMBAU NELAYAN TIDAK MELAUT __ 12-06-2013 09:38:51 | Bencana Nasional : WASPADAI ANCAMAN BENCANA HIDROMETEOROLOGI SELAMA MUSIM KEMARAU 2013 __ 12-06-2013 09:31:27 | Bencana Nasional : MENDEKATI PERTENGAHAN TAHUN 2013, WILAYAH NUSANTARA MASIH DIBAYANGI OLEH BANJIR, PUTING BELIUNG, DAN TANAH LONGSOR __ 12-06-2013 09:22:04 | Banjir : Hujan Lebat di beberapa wilayah __ 12-06-2013 09:14:55 | Bencana Nasional : GEMPA 5,3 SR TERASA KUAT MENGGUNCANG PESISIR SELATAN __ 12-06-2013 09:09:19 | Angin Kencang : PUTING BELIUNG KEMBALI TERJANG KARAWANG __

Pelatihan website www.bpbd.tegalkab.go.id

05-02-2014 06:06:31 | Umum | Admin BPBD KAB. TEGAL

1.  Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kini telah berkembang dengan pesat sehingga arus informasi dan data menjadi mudah di dapat, Hanya dengan beberapa kali klik orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang di inginkan Dengan dibangunya sistem informasi manajeman data siswa maka diharapkan dapat mempermudah akses data sekolah dimanapun dan kapanpun baik oleh siswa maupun guru.

Dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai dalam melayani masyarakat secara informatif dengan sistem layanan online maka Badan Penanggulangan Bencana Daera Kab. Tegal membagun Portal atau situs resmi dengan nama domain www.bpbd.tegalkab.go.id Oleh karena diadakan pelatihan guna mengoptimalkan layanan informasi dan data kepada masyarakat.

2.   Tujuan

Tujuan dari program applikasi ini adalah melakukan manajeman informasi yang dimiliki dinas kesehatan kab.tegal sebagai penunjang dalam proses pengumpulan data

Perencanaan dilakukan dari sistem database di server. Server database ini diharapkan dapat menangani permintaan dari sistem manajeman data dinkes. Sistem database ini mengatur table-table pada database untuk menyesuaikan kepentingan sistem aplikasi .

Manfaat Website ini bagi kemajuan dunia informasi di bidang kesehatan adalah:

  1. 1.     Media Informasi masyarakat kab.tegal

Memudahkan publik dalam mendapatkan informasi yang di sediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) kab.tegal guna memberikan informasi yang cepat akurat dan terpercaya.

Memudahkan kecamatan dan kelurahan di kawasan rawan bencana yang ada di kab.tegal dalam mendapatkan data-data penting dengan aman dari BPBD KAB.TEGAL  secara online.

  1. 2.     Media informasi Masyarakat

a. Memudahkan Masyarakat yang ada di kab.tegal dalam mendapatkan data-data penting dengan aman dari BPBD KAB.TEGAL  secara online.

b. Sebagai media informasi yang tepat cepat dan akurat

c. Mempermudah proses entry data dimanapun dan kapanpun tanpa harus membawa berkas data yang begitu banyak karena data-data sudah tersimpan dalam server

d. Sebagai sarana dalam memberikan informasi dan data yang valid yang dapat langsung di download dan dicetak.

  1. Pusat Dokumentasi digital
  2. Mendigitalkan arsip data-data bencana
  3. Menyajikan informasi uptodate
  4. Mempublikasikan data setiap saat
  5. Memberikan hasil dari pertumbuhan kesehatan dengan cepat

I.  Gambaran Rancangan Website

Website ini dibuat dengan pemrograman yang cepat dalam melakukan pemrosesan data meskipun di akses dalam waktu yang bersamaan dan kapsitas yang mencapai milliaran data.

Konsep Program

Website dirancang khusus bagi pengguna baru sehingga mudah dalam pemakaianya, data-data ditampilkan secara tree atau bertingkat dan berurutan sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan akses ke data yang akan di tuju. Website ini mampu bekerja secara bersamaan dalam satu penyimpanan data sehingga memudahkan dalam proses entry data oleh beberapa orang dalam waktu bersamaan.

Lay out mencakup seluruh elemen design, yaitu:

-          Menarik & Terorganisasi

-          Design akan konsisten antara halaman satu denan halaman lainnya.

  • penggunaan font yang sama antara halaman satu dengan yang lain.
  • Posisi image dan table (jika diperlukan)

-          Sistematis

-          Fungsi dan letak navigasi yang memudahkan pengguna.

-          Kesatuan antara design dan content       → dapat dibaca dan dipahami dengan mudah dan memiliki nilai estates di keseluruhan website

II. Desain Teknis

  1. Web Hosting dan Domain Server

Web Hosting dan Domain dari webbase akan ditempatkan pada server BPBD KAB.TEGAL  yang mempunyai network infrastructure yang handal sehingga kecepatan akses (access time) akan dijamin 24 jam terus-menerus on-1.

  1. Database

Database yang di gunakan yaitu MySQL Server yang memiliki kemampuan cepat dan berkapasitas besar dalam pengolahan data di server.

  1. Software

Pemrograman               : PHP 5.0 dan Java Environment

Web Application            : PHP Nuke

Operating system          : linux ubuntu 4.0

Web Server                   : PHPMYADMIN

SEKILAS PROSES ENTRY DATA

 

                        Website adalah applikasi online yang memiliki dua layer atau index dimana sistem akan bekerja sebagai input data dan output data. Dalam proses pengolahan data website ini pengguna di bagi menjadi tiga level yaitu:

  1. Level Administrator

Pada level ini pengguna memiliki hak akses sepenuhnya dalam pengolahan data website dan semua content yang tersedia di dalamnya, level administrator ini hanya ada satu orang yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap website ini. Pada instansi-instansi pemerintah biasanya level administrator di pegang oleh orang yang memahami secara baik system yang berjalan pada lembaga tersebut dan pada website ini.

  1. Level User

Pada level ini pengguna memiliki hak akses yang dibatasi oleh administrator, misal pada level user hanya di perbolehkan untuk entry data artikel dan berita saja. Tujuanya yaitu agar data dapat di kendalikan sesuai kebutuhan dan kepentingannya masing-masing. Pada level user dapat di buatkan lebih dari satu pengguna dengan menggunakan login dan password yg berbeda dengan pengguna lain supaya dapat mengetahui siapa yang menginput informasi tersebut ke website.

  1. Level penggunjung

Pada level pengunjung, pengguna hanya dapat menjelajah informasi yg ada di website atau memberikan komentar atas berita atau artikel yang telah di terbitkan.

 

II. Diagram Alir Data

                      Website dapat bekerja secara online 24 jam di karenakan ada komputer server yang mana aktif selama 24 jam, proses kerja dari server tersebut yaitu melayani aliran data dari pengguna yaitu Dinkes kab.Tegal kepada pengunjung, dalam proses kerjanya dapat di gambarkan sebagai berikut

III. PROSES ENTRY DATA

 

                        Pada proses input data pengguna ( admin/user ) harus masuk ke menu Content Manajeman System, dengan cara klik URL link pada footter website tulisan berikut :

Silahkan masukan username: admin dan password :********, apabila password valid maka anda akan masuk ke menu sesuai tingkatan level pengguna pada saat login, berikut ini tampilan menu administrator :

 

 

  1. A.                 Login Administrator

Dalam System Manajeman Input data terbagi menjadi dua bagian yaitu :

-          Primary User ( Administrator ) : yaitu User yang memiliki wewenang untuk mengontrol user lain dalam memberikan hak akses, dalam hal ini yang memegang sebagai administrator yaitu penanggung jawab website.

-          Secondary User : yaitu user yang dibatasi hak aksesnya oleh administrator sehingga hal – hal yang tidak diperbolehkan untuk di input dapat di non aktifkan

  1. B.      Manajeman User

Menambah User baru

-          Klik Tambah user sehingga muncul tampilan sebagai berikut

-          Masukan nama user baru

-          Masukan Password user

-          Masukan Nama Pengguna

-          Masukan alamat email

-          Klik Simpan

            Edit User

-          Klik menu manajeman user

-          Klik pengguna

-          Mulai edit data pengguna

-          Setelah selesai klik submit

C.      Cara Input Data untuk Berita dan Artikel

    1. Menambahkan kategori berita dan artikel

-          Pilih menu berita dan artikel

-          Klik kategori

-          Klik tambah data

-          Tuliskan kategori baru

-          Klik submit untuk menyimpan

 

  1. Mengisi Berita Harian

-       Pilih menu Berita dan Artikel

-       Klik berita harian

-       Klik Tambah berita

-       Kemudian isikan berita

-       Dan klik submit untuk menyimpan berita

D.     Input data pegawai

- Pilih menu  master pegawai

- pilih Golongan pegawai yang akan di isi

- Klik tambah data

- Kemudian isi data pegawai

- klik submit untuk menyimpan data pegawai

 

“ Untuk selanjutnya ikuti petunjuk dan perintah yang sama “

Technical Support & Programmer

        

           Yudhi Prasetyo

 

           Phone       : 0857 1613 5216

           Email        : yudhi2012@yahoo.com

 

Berita terkait . . .

DIHIMBAU NELAYAN TIDAK MELAUT

05-02-2014 05:26:25
Admin BPBD KAB. TEGAL
→ SLAWI - Pemkab Tegal melalui Dinas Kelautan, Perikanan dan Kelautan (DKPP) menghimbau kepada seluruh nelayan di Kabupaten Tegal untuk tidak melaut dahulu. Hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.   P ... Selengkapnya

Wakil Bupati Tinjau Cadangan Beras Pemerintah

05-02-2014 05:33:16
Admin BPBD KAB. TEGAL
→ KRAMAT - Wakil Bupati Tegal, Dra Hj Umi Azizah meninjau Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Gudang Bulog 601 Larangan Sub Divre VI Pekalongan yang berlokasi di Desa Munjung Agung Kecamatan Kramat, Jum´at (24/1).   ... Selengkapnya

rotasi staf bpbd

05-02-2014 05:42:36
Admin BPBD KAB. TEGAL
→ Untuk penyegaran kinerja pegawai BPBD Kabupaten telah melakukan rotasi staf administrasi,adapun yang ikut terjaring rotasi karyawan bpbd yang mempunyai kinerja baik dithahun 2013,diantaranya : SRI FATMAWATi dari Staf TU. Rotasi itu sendiri penting untuk penyegaran disamping mendapatkan pengalaman ... Selengkapnya

Kepala BPBD Kab.Tegal


Profile

Siaga Bencana

Agenda BPBD

Tanggal
Waktu
Agenda

Bank Data

Pengunjung

User Online
Total

Link Terkait